Usir PT.Vale

By Ismail Marzuki 30 Jul 2018, 07:49:52 WIBEkonomi

Usir PT.Vale

Keterangan Gambar : Logo PT. Vale. Foto : https://kolakaposnews.com/


Pt.Vale menguasai sekitar 20 ribu hektar lahan di Kolaka, namun sejak puluhan tahun lalu, lahan tersebut dibiarkan terbengkalai. Bukannya memberi dampak ekonomi untuk Kolaka, keberadaan PT.Vale dengan luasan lahannya itu malah membuat warga Kolaka terlihat sebagai penjaga kebun saja.

Anggota Komisi III DPRD Kolaka, Rusman mengatakan Pemkab Kolaka harus mulai bertindak tegas terhadap PT.Vale. Pasalnya, jika dimanfaatkan dengan baik, lahan yang tengah dikuasai PT.Vale itu dapat memberikan dampak ekonomi yang signifikan untuk Kolaka. “Kontrak karya yang berlaku pada PT.Vale sebaiknya dicabut dan lokasi yang saat ini masih dikuasai oleh PT.Vale sebaiknya dialihkan ke perusahaan lain yang bisa memberikan dampak ekonomi pada masyarakat Kolaka,” ujar Rusman.

Ia bahkan menyatakan sebaiknya PT.Vale diusir saja dari Kolaka. Meskipun untuk mewujudkan hal tersebut tidak mudah karena kewenangan pertambangan tekah ditarik ke Pemprov, tapi Pemkab Kolaka tetap dapat melakukan tekanan dan meminta evaluasi terhadap keberadaan PT.Vale di Kementerian ESDM. “Memang hingga saat ini kewenangan pertambangan ada di Provinsi, Namun pemerintah kabupaten kolaka juga bisa menyurat secara resmi ke dinas terkait dan kememterian ESDM agar keberadaan PT.Vale dievaluasi. PT.Vale di Kolaka hanya berjanji dan sebaiknya PT.Vale diusir saja dari bumi Mekongga ini,” tambahnya.

Apalagi saat ini, beberapa titik lokasi pertambangan PT.Vale yang berada di kecamatan Baula sudah dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk melakukan penanaman cengkeh. “PT.Vale harus iklas jika ada lokasinya dimanfaatkan oleh masyarakat Kolaka. Intinya hingga saat ini PT.Vale hanya beretorika saja tidak bisa mewujudkan pembangunan pabrik di Kolaka,” ujar Rusman. (hud)

Sumber : https://kolakaposnews.com/



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook