Tahun Depan Saluran Irigasi Wundulako Keciprat Rp15 Miliar

By Ismail Marzuki 03 Okt 2019, 08:34:59 WIBKecamatan

Tahun Depan Saluran Irigasi Wundulako Keciprat Rp15 Miliar

Keterangan Gambar : KEPALA UPTD PENGAIRAN WUNDULAKO MARSONO, SP. FOTO : https://kolakaposnews.com


Saluran irigasi bendungan Wundulako yang tesebar dibeberapa desa dan kelurahan rencananya pada awal tahun 2020 akan dilakukan perehapan dan juga bangun baru dibeberapa titik yang menjadi prioritas pembangunan. Hal ini diungkapkan kepala UPTD pengairan Wundulako Marsono, saat ditemui media ini beberapa waktu lalu.

“Allhamdulilah tahun depan beberapa titik saluran irigasi akan segera dikerjakan dan Insya Allah pada awal tahun program ABPN ini akan mulai dilaksanakan dengan total dana mencapai Rp15 miliar,” ungkap Marsono.

Rencananya kata Marsono, proyek tersebut akan tersebar dibeberapa titik disepanjang saluran irigasi bendungan Wundulako, baik yang ada di wilayah kiri maupun wilayah kanan. Dimana yang menjadi program prioritas pekerjaannya ada dikelurahan 19 November, kelurahan Kowioha, desa Unamenda dan desa Bende.

“Jadi ada yang akan rehap total dan juga akan dibangun baru. Sebenarnya tahun ini akan dimulai dikerjakan, namun karena habis Pilpres kegiatan ini dipending, dan sudah ada info tahun depan sudah bisa dikerjakan,” terangnya.
Selain itu, kata Marsono, normalisasi sungai Kowioha yang terletak dikelurahan Kowioha dan Wundulako akan dilakukan normalisasi sungai.

“Ada juga proyek dari balai untuk normalisasi sungai Kowioha sepanjang 1,5 kilometer, karena sesuai Musrenbang masyarakat sangat mengharapkan ada normalisasi sungai, sebab sungai tersebut sering meluap jika musim hujan tiba,” jelasnya.

Pihaknya juga diakhir tahun ini, akan menyampaikan kepada para petani yang terkena dampak pembangunan saluran irigasi agar petani tidak melakukan aktivitasnya.

“Sebelum ada kegiatan kita akan mengingatkan kepada para petani agar tidak melakukan pengolahan sawah, sebab air disaluran irigasi akan dihentikan sementara. Sehingga petani untuk sementara tidak menanam padi dan memilih tanaman lain agar aktivitas petani tidak terhenti,” katanya.

Pembangunan saluran irigasi nanti akan sangat membantu petani, sebab air akan mengalir dengan baik, bahkan jangkauan air juga akan lebih jauh sehingga sawah yang sering mengalami hambatan suplai air akan berkurang. Selain itu, air tidak akan meluap jika terjadi banjir.

“Perbaikan saluran irigasi akan sangat membantu petani,” tutupnya.

 

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang