Sekda : Sektor UMKM Menjadi Andalan Kolaka

By Ismail Marzuki 23 Okt 2017, 12:38:19 WIBEkonomi

Sekda : Sektor UMKM Menjadi Andalan Kolaka

Keterangan Gambar : Ilustrasi. Foto : http://kolakaposnews.com


Sektor Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) menjadi anadalan dalam penyerapan tenaga kerja. Bahkan tahun 2017 UMKM bisa menyerap tenaga kerja sebanyak 53.684 orang.

Sekretaris Daerah Kolaka, Poitu Murtopo mengatakan sektor UMKM menjadi salah saktor unggulan dalam penyerapan tenaga kerja. Dengan berkembangnya UMKM maka perekonomian juga bisa lebih baik terus.

“Sektor UMKM ini, mudah dikembangkan oleh warga karena tidak harus memiliki modal besar. Jadi hanya masyarakat yang tidak kreatif yang menganggur di Kolaka” katanya.

Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang selama ini kata Poitu, dilakukan pemerintah juga menjadi salah satu pendorong perekonomian daerah.

“Salah satu upaya yang dilakukan sebagai bagian dari strategi mendorong pertumbuhan perekonimian daerah tersebut adalah dengan mendorong pengembangan UMKM melalui upaya peningkatan kapasitas UMKM di Kolaka,” ujarnya.

Disebutkan, jumlah tenaga kerja yang diserap melalui sektor UMKM tersebut tersebar pada 22.895 unit usaha yang terdiri 22.624 unit usaha mikro kecil dan 271 unit yang masuk kategori usaha menegah besar.

“Sektor UMKM ini ikut mendorong pengurangan pengangguran di Kolaka. Jika penyerapan tenaga kerja sektor UMKM ini terus menigkat maka akan mengurangi angka kemiskinan di daerah,” katanya.(hud)

Sumber : http://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook