Santri Asal Kolaka Wakili Indonesia di MTQ Internasional

By Ismail Marzuki 24 Feb 2020, 08:31:41 WIBAgama

Santri Asal Kolaka Wakili Indonesia di MTQ Internasional

Keterangan Gambar : PTQ ALHUDZAIFIYYAH - Santri PTQ Al Hudzaifiyyah, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Fachrurrozi Zamzami bersama Pimpinan PTQ Al Hudzaifiyyah, Ustaz Baharuddin. Santri tersebut bakal mengikuti Musabaqah Hifdzil Quran Al Hasyimiyyah Ad Dauliyyah lil Quranil Karim pada Juni 2020 mendatang di Yordania. (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)


Salah seorang santri Pondok Tahfizhul Quran (PTQ) Al Hudzaifiyyah, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal mengikuti Musabaqah Hifdzil Quran Al Hasyimiyyah Ad Dauliyyah lil Quranil Karim.

Perhelatan musabaqah ini diselenggarakan pada Juni 2020 mendatang di Yordania, yang diikuti oleh perwakilan 40 negara dari berbagai belahan dunia.

Ia adalah Muhammad Fachrurrozi Zamzami. Remaja kelahiran 1 September 2002 ini bakal mengikuti musabaqah hafalan 30 juz Alquran mewakili Indonesia di ajang tersebut.

Keikutsertaan Fachrurrozi pada ajang musabaqah tilawatil quran (MTQ) internasional tersebut tidak lepas dari pencapaian yang diraih olehnya pada lomba Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional yang digelar di Pontianak, Kalimantan Barat, pada 2019 lalu.

Fachrurrozi mengungkapkan, musabaqah level internasional ini merupakan ajang yang pertama kalinya ia ikuti. Ia mengakui keberhasilannya untuk bisa mengikuti ajang tersebut tentunya tidak terlepas dari dukungan dan doa orang tua serta pembinanya.

Kata anak dari Nursimin Nurdin dan Muzliani Tasrun ini, untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba, ia lebih memperbanyak melakukan murojaah atau kegiatan mengulang kembali pelajaran atau hafalan terhadap Alquran.

Anak kedua dari lima bersaudara ini mengatakan bila biasanya ia hanya murojaah lima juz setiap harinya, maka kali ini lebih banyak hingga tujuh juz. Tak hanya itu, pembina di pondok tersebut juga selalu memberikan pelatihan setiap hari.

“Persiapan sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu. Termasuk, melatih mentalnya menghafal dengan memakai pengeras suara,” ujar remaja 17 tahun ini ditemui di PTQ Al Hudzaifiyyah Kolaka, Kamis (20/2/2020).

Untuk diketahui, Fachrurrozi pernah meraih juara 3 Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional Hifdzil 10 Juz tahun 2015, juara 1 Musabaqah Hifdzil Quran Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Kedutaan Besar Arab Saudi tahun 2016 golongan 15 juz.

Kemudian, juara 3 Musabaqah Hifdzil Quran Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz tingkat Asean dan Pasifik tahun 2016, juara 2 Musabaqah Hifdzil Quran Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz tingkat Asean dan Pasifik tahun 2018, dan juara 3 Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional di Pontianak tahun 2019 cabang 30 juz.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Tahfizhul Quran Al Hudzaifiyyah Kolaka, Ustaz Baharuddin mengatakan dengan melihat pengalaman dan prestasi Fachrurrozi, dirinya optimis santri tersebut dapat meraih hasil maksimal di ajang MTQ Internasional di Yordania.

Pemilik sapaan akrab Ustaz Bahar ini menambahkan latihan yang dijalani oleh Fachrurrozi akan semakin ditingkatkan lagi, setiap harinya pagi dan sore. Sehingga, dengan usaha dan upaya yang maksimal bisa membanggakan dan mengharumkan nama daerah.

Ia pun memohon doa dan dukungan masyarakat Kolaka, Sultra, dan Indonesia agar santrinya ini bisa tampil secara maksimal menjadi duta Indonesia dalam ajang tersebut. Selain itu, dengan prestasi dari Fachrurrozi, generasi muda lainnnya bisa termotivasi untuk mengamalkan, menghayati, menghafal dan mempelajari Alquran.

“Saya berharap pemerintah bisa memperhatikan generasi penghafal Alquran,” pungkasnya. (A)


Sumber : https://zonasultra.com/



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook