Pembubaran Warga yang Berkumpul di Kolaka Gencar Dilakukan

By Ismail Marzuki 07 Apr 2020, 08:59:08 WIBFokus Daerah

Pembubaran Warga yang Berkumpul di Kolaka Gencar Dilakukan

Keterangan Gambar : ilustrasi. Foto : https://zonasultra.com


Petugas gabungan Polri, TNI, Satpol PP bersama BPBD Kolaka gencar melakukan operasi pembubaran warga yang berkerumun di sejumlah lokasi di wilayah Kabupaten Kolaka.

Operasi pembubaran kerumunan warga ini dilakukan untuk pencegahan penyebaran dan penularan virus corona atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Bumi Mekongga.

Kasat Reskrim Polres Kolaka, AKP I Gede Pranata Wiguna mengatakan petugas menyisir sejumlah lokasi seperti di kawasan Pantai Mandra, Pantai Ria, dan Wisata Kuliner serta beberapa tempat lainnya yang menjadi tempat biasanya warga berkumpul.


“Warga yang kita temukan sedang berada di lokasi itu langsung dibubarkan dan diminta pulang ke rumahnya masing-masing,” ujarnya di Kolaka, Senin (6/4/2020).
 

Petugas mengingatkan warga agar mengikuti instruksi pemerintah seperti social dan physical distancing. Termasuk, mengikuti anjuran pemakaian masker dan cuci tangan yang rutin saat berada di luar rumah.

Menurutnya, operasi pembubaran warga yang berkerumun ini akan dilaksanakan secara terus menerus. Setiap sore dan malam hari akan digelar operasi, apabila masyarakat masih bandel dan berkerumun selama masa pandemi Covid-19 ini.

Kata dia, masyarakat Kabupaten Kolaka diminta supaya meningkatkan kepatuhan dan kesadaran diri. Sekalipun petugas melakukan operasi pembubaran, bila masyarakat kembali berkumpul, maka akan sulit dilakukan pemutusan penularan Covid-19.

“Yang penting disini adalah kesadaran masyarakat itu sendiri untuk tidak keluar rumah dan melakukan acara kumpul-kumpul. Mereka seharusnya peduli itu,” pungkasnya. (B)


Sumber : https://zonasultra.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook