Pelayaran Angkutan Penumpang Kolaka-Bajoe Kembali Dibuka

By Ismail Marzuki 09 Apr 2020, 09:12:55 WIBFokus Daerah

Pelayaran Angkutan Penumpang Kolaka-Bajoe Kembali Dibuka

Keterangan Gambar : Kepala ASDP Kolaka, La Kadaha. Foto : https://zonasultra.com/


Pelayaran di Pelabuhan Penyeberangan Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) menuju Pelabuhan Bajoe, Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali dibuka untuk penumpang.

Kepala ASDP Kolaka, La Kadaha mengatakan meskipun pelayaran kembali membuka, akan tetapi pihaknya membatasi angkutan penumpang hanya 50 persen dari kapasitas penumpang kapal.

Kata dia, mulai Kamis 9 April 2020, pihaknya kembali siap melayani penjualan tiket untuk pelayaran penumpang di Pelabuhan Kolaka menuju Pelabuhan Bajoe.

“Kita sudah bahas ini dalam rapat yang digelar hari ini bersama Dinas Perhubungan, Polsek Kawasan Pelabuhan Kolaka, Dinas Kesehatan, Syahbandar, KKP dan instansi terkait lainnya,” ujarnya di Kolaka, Rabu (8/4/2020)

La Kadaha merinci dari 50 persen penumpang, mereka menyediakan tiket untuk 45 persen penumpang yang dalam kondisi sehat, sementara 5 persen lainnya disiapkan untuk penumpang sakit maupun meninggal.

Kata dia, dijadwalkan mulai besok ada tiga trip yang akan melayani pelayaran penumpang dari Kolaka menuju Bajoe. Disebutkan, KMP Kota Bumi berangkat pukul 09.00 Wita, kemudian KMP Faiz pukul 11.00 Wita, dan KMP Permata Nusantara pukul 15.00 Wita.

Kepala ASDP Kolaka itu menambahkan, sebelum menyebrang setiap penumpang akan melakukan pemeriksaan kesehatan (suhu tubuh) di posko pemeriksaan yang telah disediakan di Pelabuhan Kolaka.

“Kapal dan kendaraan juga selalu disemprot disinfektan, agar tetap dapat mencegah penyebaran virus corona,” tambahnya.

Sebelumnya, pelayaran dari jazirah barat Sultra ini ditutup untuk penumpang karena mencegah penyebaran virus corona pada 28 Maret 2020 lalu. Dan hanya melayani pelayaran untuk angkutan kendaraan logistik. (a)


Sumber : https://zonasultra.com/



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook