Kolaka Siapkan Rp 6 Miliar Untuk Biayai BPJS Kesehatan

By Ismail Marzuki 19 Jan 2018, 13:19:31 WIBKesehatan

Kolaka Siapkan Rp 6 Miliar Untuk Biayai BPJS Kesehatan

Keterangan Gambar : Ilustrasi


Pemerintah Kabupaten Kolaka di bawah kepemimpinan Ahmad Safei dan Muhammad Jayadin, menyiapkan dana Rp 6 Miliar untuk membiayai iuran BPJS kesehatan bagi 21.739 warga Kolaka.

Pendanaan iuran BPJS untuk warga Kolaka itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemda Kolaka dengan BPJS, Kamis (18/1) kemarin di simpang tiga kelurahan Kolakaasi.

Penandatanganan MoU tersebut ditindaklanjuti dengan penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) oleh bupati, wakil bupati dan Kepala BPJS Sultra Dina Diana Permata kepada penerima manfaat yakni masyarakat tidak mampu.

Pada kesempatan tersebut Bupati Ahmad Safei menyatakan bahwa untuk tahun 2018 Pemda Kolaka mengalokasikan dana kesehatan melalui APBD bagi 21.739 orang atau sekitar Rp 6 miliar.

Jumlah tersebut, kata Safei, meningkat Rp 2 miliar dibanding tahun 2017 yang hanya Rp 4 miliar, dan saat itu baru menjangkau 26 ribu masyarakat Kolaka yang kurang mampu.

Ditegaskan Safei, warga yang memiliki kemampuan dikecualikan dalam pembiayaan KIS, sehingga dengan demikian masyarakat tidak mampu yang belum terjangkau KIS di wilayah kabupaten Kolaka saat ini hanya tersisa 5 persen saja.

“Yang merasa sudah mampu tapi masih mendapatkan KIS sebaiknya pikirkan juga orang sekitarnya yang tidak mampu. Saya bersyukur kalau ada yang serahkan kartu KIS karena menganggap yang lain lebih berhak. Jangan justru ada orang mampu mengamuk di kantor kelurahan, karena minta juga kartu KIS,” tegasnya.

Safei mengaku tidak bangga bila banyak bantuan dari pusat yang digelontorkan untuk Kolaka, sebab itu justru menandakan bahwa dirinya telah gagal membuat masyarakat sejahtera.

Sementara itu, Kepala BPJS Sultra Dina Diana Permata mengatakan bahwa kesuksesan realisasi program KIS di Kolaka tidak terlepas dari dukungan bupati Ahmad Safei dan jajarannya.

Kata Dina, hingga saat ini di kabupaten Kolaka telah terdaftar 206 ribu orang pemegang KIS, atau sekitar 95 persen dari 217 ribu penduduk di kabupaten Kolaka.

Sisanya tinggal sekitar 10 ribu yang belum memiliki KIS. Selain itu, sebagai bentuk dukungan pada program KIS Pemda Kolaka telah membayarkan iuran BPJS bagi masyarakat kurang mampu.

Dina juga memberikan apresiasi atas dukungan Pemda Kolaka atas Program Jaminan Kesehatan Semesta (PJKS), sehingga hampir semua masyarakat Kolaka terdaftar.

Selain itu, Kolaka kata Dina mendapat penghargaan karena masuk pada peringkat pertama yang lebih dulu membayar iuran kesehatan di BPJS dan sangat disiplin.

“Saat ini di Kolaka terdapat 14 Puskesmas, 7 dokter perorangan dan satu rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS. Ini bukti bahwa Kolaka memang pantas dijadikan contoh,” katanya.

Acara penyerahan KIS di kelurahan Kolakaasi, kecamatan Latambaga kemarin juga dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis 520 dari 5.900 sertifikat lahan bagi masyarakat Kolaka.

Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan langsung oleh bupati dan disaksikan oleh Kepala BPN Kolaka Asma’in Tombili.(p12)

Sumber : http://butonpos.fajar.co.id



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook