Kolaka Dianugerahi Penghargaan Terbaik Ketiga Nasional Program Kotaku

By KOTAKU 08 Feb 2021, 14:24:29 WIBkotaku

Kolaka Dianugerahi Penghargaan Terbaik Ketiga Nasional Program Kotaku

Keterangan Gambar : Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR RI menganugerahi Penghargaan kepada Kabupaten Kolaka sebagai kabupaten terbaik ketiga atas dukungan dan peran serta aktif dalam membangun dan menata kota bebas kumuh dalam penyelenggaraan Program Kotaku.


 “Tak ada usaha yang menghianati hasil”. Demikian sepenggal kalimat yang tepat disematkan bagi Kabupaten Kolaka dalam keberhasilannya mengentaskan kawasan kumuh di Bumi Mekongga. Hal ini bukannya tak berdasar, sebab sejak tahun 2014 hingga 2019, dari 2 kecamatan yang terdiri dari 14 kelurahan, ada 105,23 hektar yang terhitung sebagai kawasan kumuh perkotaan. Dari jumlah tersebut hingga tahun 2019, luas kumuh tersisa hanya berkisar 4 hektar saja. Atas prestasi itu, Pemerintah pusat melalui  Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR RI menganugerahi  Penghargaan kepada Kabupaten Kolaka sebagai kabupaten terbaik ketiga atas dukungan dan peran serta aktif dalam membangun dan menata kota bebas kumuh dalam penyelenggaraan Program Kotaku.

Edius Pabendon, ST yang bertindak sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Program Kotaku di Kabupaten Kolaka menga-takan bahwa indikator keber-hasilan Kolaka dalam menurun-kan luas permu-kiman kumuh perkotaan, antara lain, masyarakat merasakan puas atas bangunan yang dibangun, akses masya-rakat terhadap infra-struktur dasar permu-kiman meningkat, dan tumbuh livelihood sehing-ga meningkatkan ekono-mi masyarakat di sekitarnya.

“Kami berharap dengan penghargaan ini dapat menjadi motifasi bagi semua pihak dalam mewujudkan permukiman yang layak huni dan berkelanjutan baik secara lingkungan, sosial, budaya, dan ekonomi bagi masyarakat di Kabupaten Kolaka,” terang Edius.

Ia menjelaskan bahwa penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman Kementerian PUPR RI, Didiet Arief Akhdiat, saat Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan pelaksanaan National Slum Upgrading Program (NSUP) Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Tahun Anggaran 2019 di Makassar Sulawesi Selatan, tanggal 17 September 2019 yang lalu.

Dalam Rakor wilayah 3 yang meliputi Pulau Sulawesi, Maluku, Papua, dan Kepulauan Nusa Tenggara tersebut kata Edius, Kabupaten Kolaka mendapatkan predikat sebagai kabupaten/kota terbaik Ketiga setelah Tim Satker Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan sebagai peringkat Kesatu dan Tim Satker Kota Jayapura, Provinsi Papua sebagai terbaik kedua.

Editor : Hasrul Kolumba
Staff Supporting Program Kotaku Koorkot 2 Kolaka



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang

Komentar Terakhir

  • highest rated canadian pharmacies

    <a href="http://canadianbestpharmacyonline.com/"> ;best online international ...

    View Article
  • DariusTrivy

    Круто + за пост _________________ <a ...

    View Article
  • canadian online pharmacies

    <a href="http://canadianbestpharmacyonline.com/"> ;my canadian pharmacy</a> ...

    View Article
  • online pharmacies canada

    <a href="http://canadianbestpharmacyonline.com/"> ;pharmacy drugstore ...

    View Article