Kapolres Akan Tindak Tegas Pelaku Perambahan Mangrove di Kayu Angin

By Ismail Marzuki 25 Feb 2019, 07:23:17 WIBHukum

Kapolres Akan Tindak Tegas Pelaku Perambahan Mangrove di Kayu Angin

Keterangan Gambar : KAPOLRES KOLAKA AKBP BAMBANG SATRIAWAN. FOTO : https://kolakaposnews.com


Mangrove (bakau) merupakan salah satu penghasil oksigen. Karenanya, tindakan perambahan mangrove merupakan tindak pidana. Terlebih lagi dampak dari penebangan mangrove sangat banyak menimbulkan kerugian, baik dari segi sosial maupun ekonomi. Akan tetapi, meski aturan pelarangan perambahan kawasan mangrove sangat tegas, namun penindakannya melempem. Hal itulah yang terjadi di objek wisata Pantai Kayu Angin, desa Liku, kecamatan Samaturu, kabupaten Kolaka.

Menanggapi maraknya perambahan mangrove di Pantai Kayu Angin, Kapolres Kolaka AKBP Bambang Satriawan, berjanji akan menindak tegas segala bentuk pelanggaran terkait perambahan kawasan mangrove, yang terjadi di pantai Kayu Angin.
“Jika itu kegiatannya (perambahan mangrove) melanggar hukum, maka kita akan tindak tegas,” ujar Kapolres Kolaka AKBP Bambang Satriawan saat ditemui media ini, Kamis (21/2).
Adapun kasus pelanggaran yang tengah ditangani Polres Kolaka sejak 2018 lalu, terkait perambahan kawasan mangrove dan dugaan penyerobotan lahan di objek wisata Pantai Kayu Angin, Kapolres Kolaka mengaku akan melihat kembali laporan tersebut, sebab dirinya baru beberapa bulan bertugas di Bumi Mekongga.

“Saya akan lihat dulu laporannya (perambahan kawasan mangrove dan dugaan penyerobotan lahan, red) nanti kita tangani,” singkatnya.
Untuk diketahui, berdasarkan pantauan Kolaka Pos di lapangan, sudah belasan hektare hutan mangrove yang berada di bibir muara Pantai Kayu Angin “disulap” menjadi empang. Alhasil, jika air laut pasang tinggi maka daratan di Pantai Kayu Angin terendam, akibat tergerusnya mangrove dan penyempitan muara akibat peninggian pematang empang. Parahnya, perambahan mangrove yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab ini sudah hampir mencapai ujung tanjung Pantai. (k9/b)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang