Kajian Pembangunan Pabrik Beras untuk Tujuan Ekspor

By Ismail Marzuki 05 Sep 2019, 10:23:25 WIBFokus Daerah

Kajian Pembangunan Pabrik Beras untuk Tujuan Ekspor

Keterangan Gambar : Logo UHO. Foto : id.wikipedia.org.


Bertempat di ruang SMS Berjaya Kantor Bupati Kolaka, Rabu 4 September 2019, Badan Penelitian dan Pengembangan (BALITBANG) Kab. Kolaka bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Halu Oleo mengadakan seminar akhir dengan tema Kajian Pembangunan Pabrik Beras untuk Tujuan Ekspor di Kabupaten Kolaka.

Tujuan dari kajian ini adalah untuk menganalisis tingkat kelayakan pendirian pabrik penggilingan padi modern untuk tujuan ekspor apabila dilihat dari aspek finansial dan non finansialnya. Output dari kajian ini diantaranya adalah peta produksi dan produktivitas pada di Kabupaten Kolaka yang potensial untuk dikembangkan sebagai beras berkualitas ekspor. Sedangkan outcomenya adalah terlaksananya pengembangan komoditas padi dan beras tujuan ekspor sebagai unggulan pertanian yang dominan di Kabupaten Kolaka.

Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif, pengolahan data menggunakan software microsoft excel dan alat analisis menggunakan NPV, IRR dan PP serta Net B/C.

Ketua Tim Dr. Ir. Ansharullah, M.Sc memberikan kesimpulan bahwa hasil analisis kelayakan pada aspek non finansial yakni aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen dan sosial ekonomi menunjukkan bahwa renca mendirikan pabrik pengolahan beras sehat di Kecamatan Samaturu, Wundulako dan Tanggetada Kabupaten Kolaka layak untuk dilaksanakan.

Dari hasil analisis kelayakan finansial yang telah dilakukan, proyek pendirian usaha penggilingan padi modern ini layak untuk dijalankan.

Saran dan rekomendasi adalah bahwa demi kepentingan pemasaran dan meningkatkan kepercayaan konsumen akan beras sehatnya ada baiknya produk yang dihasilkan disertifikasi sehingga dapat mendongkrak harga dan image berasnya agar dapat bersaing secara pasar. Disamping itu, untuk jaringan pasar ekspor, perusahaan perlu memperluas jaringan mitra agar dapat mendistribusikan produk beras sehatnya ke berbagai negara yang potensial, terutama di negara-negara ASEAN. (IM).



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook