Januari, Pemda Kolaka Gelar Mosehe Wonua

By Ismail Marzuki 21 Des 2018, 08:40:57 WIBSeni & Budaya

Januari, Pemda Kolaka Gelar Mosehe Wonua

Keterangan Gambar : KADIS DIKBUD KOLAKA SALAMANSYAH. Foto : https://kolakaposnews.com


Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolaka bakal melaksanakan kegiatan Mosehe Wonua (Pensucian Negeri) yang akan dipusatkan di area cagar budaya nasional Makam Raja Mekongga Sangia Nibandera pada Januari mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Kolaka Salamansyah mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan guna memantapkan kegitan Mosehe Wonua. ” Panitianya telah kami bentuk dan Insya Allah pada Januari kegiatan Mosehe Wonua akan kita gelar. Kemungkinan akhir Januari kita akan laksanakan, setelah pelantikan bapak Safei dan Jayadin sebagai bupati dan wakil bupati. Dan kita juga sudah lapor sama bapak Bupati dan beliau sangat merespon dengan baik, ” ungkapnya saat ditemui media ini.

Menurutnya, kegiatan Mosehe Wonua merupakan warisan budaya Mekongga yang memiliki nilai filosofis bagi suku Mekongga sebagai ungkapan rasa sukur kepada sang pencipta. Yang harus tetap dijaga, agar regenerasi mudah bisa tau dan paham apa makna Mosehe Wonua. Apalagi saat ini kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) sangat mempengaruhi kearifan lokal yang ada disuatu daerah, sehingga guna mempertahankan itu semua maka kita sebagai pemerintah harus berkomitmen mempertahankan semua warisan budaya kita sehingga regenerasi kita juga tidak melupakannya. ” Intinya kita selaku Pemerintah harus tetap menjaga apa yang telah diwariskan oleh para leluhur kita. Sebab budaya merupakan ciri khas suatu daerah, Apa lagi saat ini banyak anak-anak kita sekarang yang tidak mengenal identitas budayanya, ” jelasnya.

Selain menggelar Mosehe wonua, kata Salamansyah pihaknya juga akan mengadakan kegiatan festival mepae-pae atau permainan tradisional suku Mekongga. ” Jadi sebelum hari H pelaksanaan Mosehe wonua kita akan laksanakan terlebih dahulu kegitan mepae-pae selama dua hae kemudian setulah itu barulah kita akan laksanakan Mosehe wonua dan kita akan undang juga bapak Ali Mazi selaku Gubernur Sultra bersama wakilnya bapak Lukman Abunawas, ” tutupnya. (K9/b)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook