Infrastruktur PDAM Kolaka Butuh Pembenahan

By Ismail Marzuki 09 Des 2019, 07:49:09 WIBFokus Daerah

Infrastruktur PDAM Kolaka Butuh Pembenahan

Keterangan Gambar : ilustrasi. Foto : https://kolakaposnews.com


PLT Direktur PDAM Kolaka, H Fachruddin Rahim mengatakan kesiapan air baku di PDAM Kolaka sudah sangat mencukupi, hanya saja meski mencukupi hal tersebut tidak didukung dengan infrastruktur yang memadai dalam melayani kebutuhan air bersih di Kolaka.

“Kalau air baku kita sudah cukup sejak ada Ulunggolaka, sangat mencukupi, hanya saja beberapa hal memang kita masih banyak yang kurang dalam pelayanan air bersih ini,” paparnya ditemui di ruangan nya (5/12).

Salah satu kendalanya kata Fachruddin adalah keterbatasan pada kapasitas penampungan penjernihan terbatas.

“Kita hanya punya tiga penampungan dengan kapasitas hanya sekitar 120 liter perdetik, sementara air masuk saat ini bisa sampai 200 liter perdetik, jadi memang kita kekurangan, itu kendalanya,” terangnya.

Selain itu katanya saat ini pipa jaringan instalasi distribusi sudah banyak mengalami kebocoran dan sulit untuk dibenahi. “Kebocorannya itu bahkan sampai 50 persen, baik itu karena sudah rusak dan sambungan ilegal, jadi air memang cepat habis, ” jelasnya.

Lanjutnya pipa pipa jaringan distribusi PDAM saat ini sudah berumur tua dan sudah tertimbun oleh pembangunan infrastruktur jalan. “Pipa-pipa itu sudah 15 tahun lebih, dan bahkan ada yang sampai 3 meteran sudah tertimbun, sehingga menyulitkan untuk dibenahi jika terjadi kebocoran,” terangnya.

Dan katanya, untuk perbaikan jaringan tersebut dibutuhkan paling sedikit 10 milyar untuk membenahinya. “Kalau perhitungan saya ini sekitar 10 M baru bisa terselesaikan kebocoran itu,” terangnya.

Disisi lain, katanya saat ini masih terjadi defisit pendapatan dari usaha penyediaan air bersih tersebut. “Kita defisit, tapi kita berupaya terus untuk membenahi nya sedikit demi sedikit, bahkan karyawan kita sebenarnya sudah over, makanya tidak ada lagi tambahan saat saya masuk,” tuturnya.

Untuk itu dirinya berharap kedepan, pengelolaan PDAM Kolaka bisa lebih bagus dan mendapatkan perhatian yang serius. (Mir/hen)

 

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook