Fakultas Hukum USN Gelar Lomba Debat Mahasiswa

By Ismail Marzuki 18 Okt 2019, 12:30:58 WIBHukum

Fakultas Hukum USN Gelar Lomba Debat Mahasiswa

Keterangan Gambar : LOMBA DEBAT HUKUM MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SEMBILANBELAS NOVEMBER USN KOLAKA, DI AUDITORIUM USN KOLAKA, SELASA (15/10).FOTO:KAULIA ODE/KOLAKA POS


Fakultas Hukum Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar lomba debat hukum mahasiswa. Kegiatan yang mengangkat tema ‘Generasi Milenial Pelopor Aspirasi Masyarakat’ itu dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni USN Kolaka, Achmad Lamo Said, di Auditorium USN Kolaka, Selasa (15/10).

Dekan Fakultas Hukum USN Kolaka, Yahyanto mengatakan tujuan dari digelarnya debat ini agar melatih mahasiswa dalam menyampaikan pendapat yang dilakukan secara sistematis.

Selain itu, melatih keterampilan mahasiswa Fakultas Hukum yang pada akhirnya akan selalu berada dalam situasi yang mengharuskan mereka berbicara dengan mengedepankan etika.

“Debat itu sangat penting, terlebih saat berada di pengadilan nanti,” ujarnya.

Menurutnya, sehebat apapun mahasiswa dalam berdebat, bila tidak didukung dengan etika kesopanan maka tidak akan membuahkan hasil yang baik.

Dalam pelaksanaan debat hukum yang mengusung konsep pro dan kontra, ia melihat ada beberapa mahasiswa yang memiliki potensi dan cukup menonjol saat mengutarakan pendapat atau menyampaikan sanggahan.

Sementara itu, Ketua Lembaga Studi Hukum dan Kebijakan, Jayadi menambahkan tema-tema yang menjadi isu perdebatan merupakan isu hangat yang diperbincangkan saat ini.

Seperti, pro kotra RUU KPK, RKUHP, pembatasan jaringan sosial media, penerapan maskapai asing, pengaturan volume speaker di masjid, pemerataan sistem pendidikan di kota dan desa serta pencabutan status sekolah favorit, hak memilih tentara dan polisi, penjatuhan pidana anak di bawah umur, penyelesaian perkara pidana di luar pengadilan, dan konsep waris pidana tindak pidana korupsi. “Pelaksanaan debat ini digelar selama dua hari, Selasa dan Rabu, 15-16 Oktober 2019,” katanya. (kal)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook