DISKOMINFO KOLAKA MENGADAKAN SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN FORUM SATU DATA INDONESIA

By Ismail Marzuki 26 Sep 2019, 11:53:35 WIBFokus Daerah

Bertempat diruang SMS BERJAYA Kantor Bupati Kolaka, Rabu, 25 September 2019, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kolaka mengadakan sosialisasi dan pembentukan forum satu data Indonesia tingkat Kabupaten Kolaka Tahun 2019. Acara ini dihadiri oleh perwakilan Kemenkominfo RI yaitu dari Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Informatika Makassar, Kepala Badan Pusat Statistik Kolaka dan para Sekretaris Dinas berserta operator OPD se Kabupaten Kolaka.

 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kolaka, Muh. Arnan Amry, S.STP, M.Si yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Data, Statistik dan Persandian Diskominfo Kolaka, Drs. A. Dirham Yadi, M.Si.

 

Dalam Perpres no. 39 Tahun 2019 dikatakan bahwa Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola Data pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk.

 

Plt. Kadis Kominfo Kolaka mengharapkan satu data ini dapat direalisasikan di Kabupaten Kolaka, sehingga tidak ada lagi perbedaan data antara OPD yang satu dengan OPD yang lainnya serta bersumber dari sumber saja agar tidak tumpang tindih yang akan membingungkan masyarakat. Mantan Camat Kolaka ini juga menjelaskan tentang aplikasi-aplikasi yang ada serta desiminasi nantinya akan dilakukan di PPID Utama dan PPID yang ada di masing-masing OPD.

 

Dalam sosialisasi ini Kepala BPS juga memberikan materi dan menjelaskan pentingnya data, bahkan data itu lebih berharga daripada minyak bumi dan lainnya. Disamping itu, dari Balai Besar PSDM Kominfo Makassar menjelaskan peran Kominfo dalam forum satu data Indonesia ini. (ISM).

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook