Disdukcapil Kejar Target Cetak 84 Ribu KIA

By Ismail Marzuki 21 Okt 2019, 09:42:49 WIBFokus Daerah

Disdukcapil Kejar Target Cetak 84 Ribu KIA

Keterangan Gambar : ilustrasi. Foto : https://kolakaposnews.com


Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kolaka terus melakukan mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya Kartu Identitas Anak (KIA). Disdukcapil pun optimis tahun ini dapat mencapai target mencetak 84 ribu KIA.

Kepala Disdukcapil Kolaka melalui Kasi Kelahiran, Rusnadi Rusman mengatakan sejak April 2019 lalu, pihaknya telah mencetak lebih dari 3.000 KIA dari jumlah 84 ribu KIA yang ditargetkan. “Kita ditargetkan oleh pemerintah pusat kalau bisa dari total akta yang telah dicetak yang mencapai 84 ribu. Sehingga kami akan upayakan tahun ini 84 ribu KIA akan dicetak dan itu merupakan target kami,” ungkapnya, Selasa (15/10).

Untuk mencapai target itu, Rusnadi menyebut pihaknya telah menggandeng para kepala desa dan lurah agar memfasilitasi warganya mencetak KIA. Selain itu, Capil juga melakukan sosialisasi melalui media. “Sehingga setiap harinya ratusan KIA yang tercetak. Alhamdulillah antusias orang tua dalam mengurus KIA cukup tinggi, sekitar 200-400 setiap hari kerja,” ujarnya.

KIA diperuntukkan anak-anak yang belum memiliki KTP-el. Adapun manfaat KIA, terang Rusnadi, identitas anak dapat terdaftar secara nasional sejak dini, kemudian mencegah adanya KTP dan NIK ganda. “Kalau di pulau Jawa KIA itu banyak manfaatnya mulai dari pelayanan kesehatan, masuk sekolah, di mall-mall bisa dapat diskon, dan sebagainya. Kemudian yang paling penting itu adalah dapat menghindari adanya perdagangan anak. Yang jelas manfaat KIA cukup banyak dan sangat membantu anak itu sendiri,” jelasnya.

Dia mengharapkan, para orangtua yang anaknya belum memiliki KIA agar segera membawa berkasnya ke kantor Capil atau ke pemerintah setempat. Mengenai persediaan blangko menurutnya tidak perlu khawatir, karena untuk KIA stoknya masih banyak. “Semuanya siap, begitu ada berkasnya langsung kita cetakkan,” tutupnya. (k9)

 

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook