Dewan Pengupahan Kolaka Bahas UMK 2019

By Ismail Marzuki 04 Jan 2019, 07:32:36 WIBEkonomi

Dewan Pengupahan Kolaka Bahas UMK 2019

Keterangan Gambar : Kadis Nakertrans Kolaka saat memimpin rapat. Foto : https://kolakaposnews.com


Dewan Pengupahan Kabupaten Kolaka menggelar rapat perdana untuk membahas program kerja, termasuk rencana pembahasan besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) untuk 2019. Dari beberapa sektor lapangan kerja masih bayak perusahaan yang tidak menerapkan UMK Kolaka.

Rapat dewan pengupahan ini bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kolaka, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Pakar Ekonomi, BPS, Dinas Perdagangan dan Perindustrian,dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) serta Organisasi Angkutan Darat (Organda) yang ada di Kolaka.

“Dewan pengupahan Kabupaten Kolaka, setiap tahun melakukan rapat kerja. Untuk kali ini merupakan rapat yang perdana, yang akan menerima masukan dari teman pengusaha untuk menetukan UMK Kolaka pada 2019 nanti,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kolala H.Andi Sastra Pangerang.

Lanjut ia mengatakan perlu adanya rapat kerja serta masukan-masukan data dan ilmiah yang akan dikumpulkan untuk penentukan UMK Kolaka. Nanti pada Agustus dewan pengupahan Kolaka akan membahas penentuan pengusulan UMK pada 2019.

“Setelah itu, kita akan laporkan ke Bupati Kolaka, kemudian akan ditindaklanjuti ke provinsi Sulawesi Tenggara dan Gubernur menerbitkan UMK untuk Kolaka pada 2019 mendatang,” tambah Andi.

Untuk Kolaka Andi mengakui masih ada beberapa perusahaan yang tidak menerapkan UMK Kolaka , sejumlah Rp.2.331.624, namun kenyataan dilapangan masih ada perusahaan yang membayar gaji Rp.500 ribu dan Rp.800 ribu perbulannya.

“Kita juga Dinas Nakertrans Kolaka sudah mendapat informasi, kalau ada perusahaan yang membayar sopir mobil tidak sesuai UMK. Itu sangat di sayangkan karena aturan sudah jelas, bahwa perusahaan harus membayar kariawanya sesuai UMK. Kalau ada kariawan yang tidak dibayarkan tidak sesuai dengan UMK maka bisa laporkan ke Dinas Nakertrans,” ujarnya.(hud)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook