Desa Sabiano Terbaik Dalam Pengelolaan Dana Desa

By Ismail Marzuki 07 Agu 2018, 09:01:41 WIBDesa

Desa Sabiano Terbaik Dalam Pengelolaan Dana Desa

Keterangan Gambar : KEPALA KPPN KOLAKA BERSAMA ROMBONGAN SAAT MELAKUKAN STUDIBANDING PENGELOLAAN DANA DESA TERBAIK DI DESA SABIANO KECAMATAN WUNDULAKO. FOTO : IST


Pemerintah desa (Pemdes) Sabiano, kecamatan Wundulako patut di contoh dan diapresiasi oleh semua desa yang ada di wilayah kabupaten Kolaka. Pasalnya untuk tahun ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten Kolaka memilih desa Sabiano sebagi desa terbaik sekaligus sebagai desa percontohan dalam pengelolaan dana desa (DD) di kabupaten Kolaka bersama desa Puu Tamboli, kecamatan Samaturu.

” Alhamdulilah desa kami terpilih sebagai desa terbaik dalam mengelola dana desa tahun ini. Ini semua tak lepas dari peran semua pihak termaksud para pendamping desa yang selalu melakukan bimbingan dan juga pengawasan, ” ungkap Kades Sabiano Syahrul.

Dalam pencapaian tersebut kata Syahrul baru-baru ini (Jumat 3/8) desanya dikujungi oleh Tim dari Kantor Pelayanan Perbendarahan Negara (KPPN) Kolaka yang dihadiri oleh kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kolaka, Koltim, dan Kolut. Dimana dalam kunjungan mereka selain untuk melihat kondisi desa kami sekaligus melakukan studi banding.

Syahrul menjelaskan dalam mengelola dana desa ada beberapa kriteria yang menjadi acuan dalam penilaian mulai dari transparansi dalam mengelola DD, melibatkan semua masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di desa dan hasil pekerjaan yang maksimal dikerjakan, serta administrasi atau pelaporan yang baik dan lengkap baik secara manual, maupun secara aplikasi sistem keuangan desa atau Siskeudes.

” Intinya Dana Desa ini harus dikelola dengan sebaik-baiknya berdasarkan acuan yang telah ditetapkan dan melibatkan semua masyarakat, sehingga masyarakat juga tau berapa jumlah dana yang masuk kedesa. Sehingga rasa kecurigaan tidak ada dimasyarakat ” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Wundulako Fortunatus mengapresiasi atas pencapaian terbaik desa Sabiano dalam mengelola dana desa, sehingga dirinya menghimbau kepada semua desa yang ada diwilayah kecamatan Wundulako bisa meniru atas pencapaian yang telah dilakukan desa Sabiano, agar semua pengelolaan dana yang masuk kedesa dapat dikelola dengan sebaik mungkin tanpa ada riak dimasyarakat. Sehingga Kades juga bisa terhindar dari jeratan hukum akibat kelalaian dalam mengelola dana desa. Dan kami juga selaku pengawas selalu menekankan kepada semua Kades agar tidak bermain-main dengan dana tersebut. ” Ini merupakan prsetasi bagi desa Sabiano. Dan kita harapkan desa lain bisa mengikuti prestasi desa Sabiano ” singkatnya. (hud)

Sumber : https://kolakaposnews.com/



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang