Desa Puuroda Wakili Sultra Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional

By Ismail Marzuki 08 Agu 2018, 06:50:21 WIBDesa

Desa Puuroda Wakili Sultra Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional

Keterangan Gambar : KETUA TIM PENILAI LOMBA PERPUSTAKAAN TINGKAT NASIONAL BAMBANG PRIO UTOMO SEDANG MEMBERIKAN PENGARAKAN KEPADA PENGELOLA PERPUSTAKAAN DESA PUURODA. FOTO : DADANG KOLAKA POS


Desa Puuroda Kecamatan Baula mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara dalam lomba perpustakaan terbaik tingkat Desa atau Kelurahan tingkat nasional tahun 2018.Wakil Bupati Kolaka H. Muh. Jayadin mengatakan keberhasilan perpustakaan umum Desa Puuroda Juara I lomba Perpustakaan Desa atau Kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan kebanggaan bagi Kolaka.

“Alhamdulilah, Kabupaten Kolaka kembali mewakili Sulawesi Tenggara dalam ajang lomba perpustakaan tingkat nasional. Harapan pemrintah kabupaten Kolaka kepada tim penilai, Desa Puuroda bisa menjadi juara dalam ajang lomba perpustakaan daerah tersebut,” kata Jayadin.

Sementara itu ketua Tim penilai lomba Bambang Prio Utomo kepada Kolaka Pos mengatakan beberapa kriteria penilaian lomba Perpustakaan desa dan keluarahan yakni, penilaian data berdasarkan instrumen, penilaian khusus dari Perpustakaan Nasional dan adanya recheking kelapangan.

“Sedangkan unsur penilaian diantaranya bagaimana perpustakaan umum Desa atau Kelurahan bisa berperan sebagai pusat kegiatan masyarakat,” kata Bambang

Dengan adanya lomba tersebut, dia berharap bisa membangun masyarakat literasi melalui gerakan yang menyeluruh, dengan harapan untuk pengentasan kemiskinan dengan melibatkan masyarakat.Lanjut ia mengatakan membangun budaya literasi kata dia harus dimulai dari akarnya dahulu yakni keluarga (kebiasaan), masyarakat (ekonomi) serta sekolah (baca buku) dan menurutnya keberhasilan yang dicapai oleh desa yang mewakili provinsi harus menjadi motivasi tersendiri bagi geliat literasi bagi Desa atau Kelurahan di Kabupaten Kolaka.

“KIta harus menilai secara objektif, nanti kita lihat apakah Sulawesi Tenggara akan menjadi juara atau tidak. Pastinya semua aspek kita lihat dan kita nilai,” ujar Bambang.(hud)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook