Cegah Penyebaran Virus Corona, Dinkes Kolaka Minta Warga Jaga Pola Hidup Sehat

By Ismail Marzuki 03 Feb 2020, 08:04:15 WIBKesehatan

Cegah Penyebaran Virus Corona, Dinkes Kolaka Minta Warga Jaga Pola Hidup Sehat

Keterangan Gambar : Kadis Kesehatan Harun Masirri, Apt, M.Kes. Foto : https://zonasultra.com


Dinas Kesehatan Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengklaim belum ditemukan penyebaran virus Corona di wilayah itu. Hanya saja, warga Kolaka tetap harus menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, Harun Masirri mengatakan, infeksi virus corona ini kurang lebih sebenarnya sama dengan ciri-ciri virus yang menyebabkan demam, influenza, sakit pada badan, dan juga batuk.

Sehingga, masyarakat jangan panik, bila mendapati orang dengan ciri-ciri tersebut dan langsung menyimpulkan bahwa itu virus Corona. Sebab, kondisi itu justru dapat mengganggu aktivitas dan ketenangan masyarakat.


Harun menjelaskan, kalau memang ada indikasi demam yang dirasakan oleh seseorang, maka sedapat mungkin tidak bersentuhan dengan orang lain dan segera memeriksakan ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan.
 

“Jangan langsung menyimpulkan bahwa demam yang dirasakan akibat virus corona,” kata Harun di Kolaka, Sabtu (1/2/2020).

Kata dia, untuk menghindari tubuh dari virus, hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kebugaran badan, perilaku hidup bersih sehat, serta lingkungan.

Apalagi di tengah kondisi cuaca peralihan yang terjadi, di mana sejumlah penyakit yang perlu diwaspadai seperti demam berdarah, batuk serta flu yang bisa saja menyerang.

“Yang biasalah, sebelum makan cuci tangan. Kalau batuk harus pakai masker atau beretika, jangan di depan orang,” tambahnya.

Pihaknya juga memberikan imbauan kepada masyarakat, dan rumah sakit atau puskesmas agar senantiasa waspada terhadap segala jenis virus dan menghindari interaksi dengan warga negara asing dimana virus itu berasal.

Selain itu, Dinkes Kolaka selalu berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk terus melakukan pengawasan terhadap orang-orang maupun warga lokal yang pernah berkunjung di tempat asal virus tersebut baik melalui Bandara maupun Pelabuhan. (a)


Sumber : https://zonasultra.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook