Cegah PAD “Bocor” Bapenda Kolaka Akan Pasang Tapping

By Ismail Marzuki 31 Jul 2019, 12:27:12 WIBEkonomi

Cegah PAD “Bocor” Bapenda Kolaka Akan Pasang Tapping

Keterangan Gambar : Sekda Kolaka, Drs. H Poitu Murtopo, M.Si, didampingi Ka. Bapenda dan Bank BPD Sultra. Foto : https://www.kolakaonline.com/


Upaya mengantisipasi kebocoran pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak hotel, restoran, rumah makan dan usaha lainya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kolaka akan memasang alat perekaman transaksi (tapping) pada sejumlah objek pajak.

‎Alat tersebut nantinya be­kerja secara otomatis menghitung besaran pajak yang harus dibayarkan wajib pajak kepada pemerintah, sesuai transaksi yang terjadi di tempat usaha tersebut. Mengingat pembayaran pajak menerapkan self assesment system atau pembayaran pajak berdasarkan laporan dari wajib pajak (WP).

Sekretaris Daerah Kolaka H. Poitu Murtopo mengatakan, pemasangan tapping bekerja sama dengan Bank Sultra. Di mana untuk tahap saat ini pemerintah kabupaten baru melakukan sosialisasi.

“Saat ini, masih dalam tahapan pengenalan aplikasi yang diberikan Bank Sultra kepada Badan Pendapatan Daerah Kolaka. Sebelum diterapkan, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke wajib pajak restoran dan hotel serta pelaku usaha lainya,” ujar Poitu

‎Dengan dipasangnya alat tersebut, lanjut Poitu, pihaknya akan mengetahui keterbukaan wajib pajak dalam melaporkan pajak dan melakukan pembayaran ke pemerintah.

“Kalau tidak sesuai antara tapping dan laporan WP, maka kita akan tagih kekurangannya,” imbuh Poitu, kepada kolakaonline (30/7/2019)

 

Sumber : https://www.kolakaonline.com/



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang