Capil Belum Cetak 21 Ribu e-KTP

By Ismail Marzuki 02 Okt 2017, 07:43:56 WIBFokus Daerah

Sampai saat ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kolaka kehabisan blanko e-KTP. Akibatnya, banyak masyarakat yang telah melakukan perekaman untuk mendapatkan namun belum mendapatkan e-KTP bahkan jumlahnya mencapai 21 ribu lembar e-KTP belum dicetak.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Kolaka, H.Abdullah mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 21 ribu warga Kolaka yang telah melakukan perekaman namun belum memiliki e-KTP. Penyebabnya adalah karena blanko yang dikirim dari pusat itu sangat terbatas. Namun kata dia, dalam waktu dekat pihaknya akan mendatangkan blanko dari pusat.

“Enam ribu blanko akan datang. Jumlah itu jauh lebih sedikit dibanding dengan jumlah warga yang sudah melakukan perekaman tapi belum memiliki KTP,” bebernya.

Lanjut Abdullah sambil menunggu datangnya blanko, pihaknya mengeluarkan surat keterangan (suket) sebagai pengganti KTP untuk sementara. Sehingga, urusan administrasi warga yang telah mengurus e-KTP tersebut dapat tetap berjalan dan terlayani dengan baik. Sebab, fungsi suket sama dengan fungsi e-KTP.

“Fungsi suket ini sama saja dengan e-KTP. Suket bisa dipergunakan untuk kepentingan pilkada, melamar kerja, perbankan dan lain sebagainya. Hanya saja, masa berlaku suket hanya enam bulan,” tuturnya.(hud)

Sumber : http://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook