BPJS Kesehatan Berharap Capai UHC di Kolaka

By Ismail Marzuki 24 Okt 2018, 07:24:06 WIBKesehatan

BPJS Kesehatan Berharap Capai UHC di Kolaka

Keterangan Gambar : PEMAPARAN PROGRAM JKN-KIS MENUJU UNIVERSAL HEALTH COVERAGE DI KABUPATEN KOLAKA. Foto : https://kolakaposnews.com


BPJS Kesehatan menggelar forum komunikasi pemangku kepentingan utama tingkat kabupaten Kolaka tahap II yang dirangkaikan dengan forum kemitraan di Ruang Rapat Bupati Kolaka, Senin (22/10).

Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka, Poitu Murtopo mengatakan, Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan program strategis nasional yang harus didukung semua pihak. “Pemerintah daerah tetap fokus agar cakupan kesehatan di Kolaka bisa tercapai. Minimal kita target 95 persen dari total penduduk tahun ini. Untuk itu dalam forum ini disepakati perlu dilakukan validasi data secara menyeluruh untuk mengetahui masyarakat mana saja yang belum tercover JKN melalui kerjasama antar instansi seperti Dinas Dukcapil, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, dan Dinas Kesehatan,” ungkap Poitu Murtopo yang juga ketua forum komunikasi.

 

Di tempat yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Hendra J Rompas, menyampaikan bahwa forum ini bertujuan untuk memperkuat sinergitas antara BPJS Kesehatan dengan Pemda kolaka. Sekaligus menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman atas informasi terbaru terkait kebijakan JKN serta komitmen Pemda dalam mendukung perluasan kepesertaan JKN-KIS, khususnya dari segmen penduduk yang didaftarkan oleh Pemda melalui APBD, pegawai pemerintah non PNS, maupun pekerja swasta.

Sementara itu, Kepala BPJS Kolaka Rudy Faizal menjelaskan, hingga saat ini kepesertaan JKN di kabupaten Kolaka berada di angka 81 persen dari total penduduk berdasarkan data Dukcapil. Dengan sinergi semua pihak, diharapkan dapat mencapai universal health coverage (UHC) di Kabupaten Kolaka, paling lambat 1 Januari 2019. “Dari isi pelayanan diharapkan dukungan juga dari semua pihak terkait implementasi rujukan online, serta peningkatan kualitas layanan dan fasiitas kesehatan,” tandasnya. (k9/b)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook