BPBD Imbau Warga Kolaka Waspada Cuaca Ekstrim

By Ismail Marzuki 29 Jan 2019, 13:13:29 WIBFokus Daerah

BPBD Imbau Warga Kolaka Waspada Cuaca Ekstrim

Keterangan Gambar : Plt Kepala Bpbd Kolaka, Abbas. FOTO : http://tegas.co/


Cuaca ekstrim seperti gelombang tinggi dan angin kencang terlihat masih melanda wilayah perairan Kolaka (Teluk Bone), Senin siang (28/01/2019).

Gelombang setinggi 3-4 meter yang menghantam pesisir pantai di Kolaka, membuat air laut tumpah hingga di jalan raya sehingga dapat membahayakan pelayaran.

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, sebuah kapal Ferry tujuan Kolaka Bajoe, terpaksa harus membatalkan pelayaran setelah dihantam cuaca ekstrim.

Sehingga pihak Syahbandar Kolaka terpaksa harus menghentikan pelayaran untuk beberapa hari.

Tak hanya gelombang tinggi angin kencang juga melanda Kolaka yang merusak sejumlah fasilitas umum, seperti gasebo dan papan reklame dan merobohkan pohon yang ada di Pantai Mandra dan Pantai Wisata Kuliner Kolaka.

Kondisi ini membuat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka mengeluarkan imbauan kepada seluruh warga Kolaka.

Dalam imbauan tersebut, warga Kolaka diminta untuk mewaspadai cuaca ekstrim yang melanda wilayah perairan Kabupaten Kolaka.

Khususnya bagi warga yang berprofesi sebagai nelayan untuk tidak melaut sementara waktu, guna menghindari hal–hal yang tidak diinginkan.

Plt Kepala Bpbd Kolaka, Abbas mengatakan, sebaiknya nelayan di Kolaka untuk tidak mencari ikan di lautan, hingga cuaca kembali normal dari pada membahayakan keselamatan diri sendiri.

Akibatnya, tak sedikit nelayan di Kolaka lebih memilih memarkir perahu mereka di tempat yang aman agar tidak dihantam gelombang tinggi.

Para nelayan ini menyempatkan diri memperbaiki perahu mereka, sambil menunggu cuaca kembali normal.

Sumber : http://tegas.co/



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook