BERITA UTAMABelum Ada Laporan “Miring” Ekspor Ore Pomalaa

By Ismail Marzuki 24 Mei 2018, 08:15:21 WIBDaerah

BERITA UTAMABelum Ada Laporan “Miring” Ekspor Ore Pomalaa

Keterangan Gambar : AKTIFITAS PERTAMBANGAN DI KECAMATAN POMALAA. FOTO : DADANG KOLAKA PO


Aktifitas pertambangan di Kolaka mulai tumbuh lagi. Untuk wilayah Pomalaa, PT.Toshida sudah mengantongi izin ekspor ore. Imbasnya, beberapa jeti juga hidup lagi. Diantaranya milik PT.Sumber Setia Budi (SSB) dan Putra Mekongga Sejahtera (PMS).

Kepala Syahbandar Pomalaa, Rusdianto menjelaskan meski banyak jeti yang hidup kembali, namun ia menjamin, perusahaan tambang yang beraktifitas di Pomalaa, hanya PT.Toshida saja. Bahkan ia menjelaskan, selain jeti milik SSB dan PMS, PT.Toshida juga bekerjasama dengan PT.Dharma Rosadi Internasional (DRI) dan PT.Asia Mining Mineral (AMM).
“Kami tidak mengetahui persis bagaimana PT. Toshida menjalin mitra dengan perusahaan lainnya. Asalkan ada dokumen yang harus diproses, maka kami akan langsung memprosesnya. Syahbandar tidak bisa menahan ore milik perusaaan apalagi semua dokumennya lengkap,” katanya.

Karena seluruh aktifitas pertambangan di jeti tersebut dilakukan oleh PT.Toshida, maka Rusdianto mengatakan secara administratif, seluruhnya masih terkendali di bawah pengawasan Syahbandar. Meski demikian, pengawasan terus dilakukan syahbandar untuk mengantisipasi kemungkinan masalah. “Jika nantinya ada masalah mengenai ore yang akan dikirim, pastinya pihak yang berwenang akan menyurat ke Syahbandar Pomalaa. Namun sampai saat ini masih aman, tidak ada masalah. Namun jika ada permintaan dari pihak lain misalkan pengak hukum maka Syahbandar tidak akan memberikan izin berlayar,” tambahnya.

Rusdianto mengaku merasa takut juga jika nantinya ada masalah tambang di Kolaka. Karena selain Syahbandar, semua pihak terkait akan dimintai keterangan. “Saya berharap tidak ada masalah pertambangan di Pomalaa. Karena kalau ada masalah pasti kita Syahbandar juga sibuk,” tambahnya. (hud/c)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook