Antisipasi Banjir, Polsek dan Koramil Wundulako Gelar Baksos

By Ismail Marzuki 05 Nov 2018, 08:05:01 WIBKecamatan

Antisipasi Banjir, Polsek dan Koramil Wundulako Gelar Baksos

Keterangan Gambar : KETGAM : ANGGOTA POLRI DARI POLSEK WUNDULAKO BERSAMA ANGGOTA TNI DARI KORAMIL WUNDULAKO, SERTA MASYARAKAT SAAT MELAKUKAN BAKTI SOSIAL DENGAN MEMBERIHKAN PARIT. FOTO : NENO/ KOLAKA POS


Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, jajaran personel Polsek Wundulako bersama anggota TNI Koramil
Wundulako menggelar bakti sosial di Kelurahan Kowioha, Wundulako, Jumat (2/11). Warga setempat turut membantu anggota Polri dan TNI yang melakukan kerja bakti dengan membersikan parit di sepanjang jalan poros Kelurahan Kowioha. Dimana lokasi tersebut merupakan daerah langganan banjir saat musim hujan datang.

Kapolsek Wundulako IPDA Akhmad Tarmidi mengatakan, kegiatan kerja bakti itu untuk meminimalisir adanya tumpukkan sampah di dalam parit. Anggota Polri, TNI dan warga serta pemerintah kelurahan setempat bergotong royong membersihkan sampah tersebut.

 

Apalagi masalah sampah, kata Kapolsek, merupakan keluhan utama masyarakat sekaligus pekerjaan rumah bagi pemerintah setempat yang harus didukung oleh masyarakat. Karena tanpa ada dukungan dan kesadaran dari masyarakat, maka pasti masalah sampah tidak akan terselesaikan. “Inti kegiatan ini guna membangun sinergitas, kebersamaan dengan TNI, pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi sampah dan juga banjir yang selalu terjadi pada saat hujan turun. Ini sebagai akibat parit atau got yang semakin mendangkal karena sampah dan juga lumpur sehingga tidak mampu lagi menampung debit air, akhirnya rumah warga jadi sasaran luapan air hujan ” ungkapnya saat ditemui Kolaka Pos di lokasi kegiatan, kemarin (2/11).

Kapolsek menghimbau kepada seluruh masyarakat Wundulako agar selalu menjaga kebersihan lingkungannya dan tidak membuang sampah sembarangan. Kemudian pemerintah kecamatan, diharapkan agar dapat menyiapkan kendaraan pengangkut sampah dan lokasi tempat pembuangan akhir (TPA), agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan.

“Kita harapkan Pak Camat dapat menyiapkan lahan dan kendaraan untuk pengangkut sampah. Karena jika kita melihat di sepanjang jalan poros, warga masih membuang sampah rumah tangga di halaman rumahnya masing-masing. Ini karena tidak adanya tempat sampah yang disiapkan oleh pemerintah. Sehingga jika kita lihat terkesan kotor, apalagi Wundulako berada dekat dengan pusat kota jadi penataannya memang harus lebih bagus lagi kedepannya,” jelasnya.

Kapolsek juga berharap agar pemerintah provinsi dapat segera melakukan perbaikan drainase di sepanjang jalan poros Kolaka-Pomalaa, terutama di kelurahan Kowioha. Sebab saat ini kondisi drainase sangat memprihatinkan. “Ini hanya bersifat sementara yang kita bisa lakukan dalam meminimalisir dampak banjir yang setiap saat melanda rumah warga ketika musim hujan tiba. Sehingga mudah-mudahan kedepannya kita harapkan kendala-kendala seperti got yang sudah menyempit dan kodisinya yang semakin buruk dapat segera mendapat perhatian dari Pemprov sehingga dapat dibangun yang baru,” tandasnya. (k9/b)

Sumber : https://kolakaposnews.com/



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook