50 Pemandu Wisata Ikuti Uji Kompetensi

By Ismail Marzuki 23 Okt 2018, 14:42:34 WIBWisata

50 Pemandu Wisata Ikuti Uji Kompetensi

Keterangan Gambar : POSE BERSAMA TIM PENGUJI DAN PESERTA UJI KOMPETENSI PEMANDU WISATA. FOTO : ISTIMEWA/ KOLAKA POS


Sebanyak 50 orang pemandu wisata lokal Kolaka mengikuti uji sertifikasi kompetensi yang difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata (Menpar) Republik Indonesia, di Rumah Adat Kolaka
, Sabtu (20/10).

Para pemandu wisata kabupaten Kolaka itu mengikuti uji sertifikasi kompetensi untuk bidang kepemanduan wisata lokal, city tour, dan overland serta pemandu ekowista pengelola objek wisata Kea-Kea Kolaka

Kegiatan uji sertifikasi kompetensi tersebut dihadiri langsung oleh pihak Menpar yang diwakili oleh Asdep Pengembangan Kelembagaan dan SDM Kepariwisataan, Kemal. Hadir pula perwakilan Dinpar Sultra sekaligus assesor penguji SDM Kepariwisataan, La Ode Ali Ahmadi, pihak Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pramindo Jakarta, Sri Mulyani dan timnya.

Ketua pantia kegiatan, Muh Sahir mengatakan bahwa pemandu wisata tersebut langsung diuji oleh LSP yang telah memiliki lisensi yaitu LSP Pramindo dan assesornya.

“Kami ucapkan terimakasih kepada LSP Pramindo Jakarta yang telah meyakinkan kementrian untuk pelaksanaan uji kompetensi ini, LSP Pramindo sendiri itu memiliki kemampuan lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan memiliki skema atau unit kerja profesi,” papar Muh Sahir yang juga Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata, Akhmad Yani dalam sambutannya mengatakan seorang pemandu wisata dikatakan memiliki kompetensi dan diakui sebagai pramuwisata adalah merupakan tuntutan zaman agar dapat berdaya saing. “Sehingga sertifikasi merupakan hal penting bagi pemandu wisata karena merupakan sebuah tuntutan zaman, sekaligus merupakan bukti pengakuan dan legalitas profesinya.Seorang Pemandu Wisata wajib mengikuti Uji kompetensi agar dapat memiliki sertifikat,” paparnya. (mir/b)

Sumber : https://kolakaposnews.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

PROFIL

Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

PROFIL

Wakil Bupati Kabupaten Kolaka

User Avatar

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Banagimana menurut anda tentang pembangunan di kabupaten kolaka ?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang